15 Tips Dasar Android Yang Perlu Kamu Ketahui

15 Tips Dasar Android Yang Perlu Kamu Ketahui Bagi anda pengguna android yang mungkin belum mengetahui beberapa tips dasar mengenai pengoprasian, setting internet, instalasi aplikasi dan beberapa fungsi lainya maka anda perlu menyimak artikel kali ini yang akan memberikan 15 Tips Dasar Android Yang Perlu Kamu Ketahui.

Untuk lebih lengkap dan jelasnya simak di bawah ini :

1. Bagaimana caranya tahu versi firmware atau OS Android di handset? 

Untuk tahu versus firmware yang terpasang di handset bisa dikerjakan dengan lihat ke Launcher Menu Settings About phone, informasi di Firmware version menginfokan versus firmware yang terpasang di handset.



2. Bagaimana caranya men-setting APN untuk keperluan akses data internet serta MMS dengan SIM Card kali ini sebagai contohnya adalah Indosat 3G

Untuk men-setting apn untuk keperluan data internet serta mms bisa dikerjakan dengan ke Launcher Menu Settings Wireless controls Mobile network settings Access Point Names diteruskan dengan menghimpit tombol Menu serta New APN. Input dua parameter tersebut : 



HSDPA/EDGE/GPRS : 
Name : Indosat 3G 
APN : indosat3g 
Username : indosat 
Password : indosat 
MCC : 510 
MNC : 01 
APN jenis : default 

MMS : 
Name : Indosat MMS 
APN : indosatmms 
Username : indosat 
Password : indosat 
MMSC : http :// mmsc. indosat. com 
MMS proxy : 10. 19. 19. 19 
MMS port : 8080 
MMS protocol : wap 2. 0 
MCC : 510 
MNC : 01 
APN jenis : mms 

Untuk pemakai diluar Matrix 3G Broadband, untuk informasi APN, yang perlu di-setting buat akses data internet yaitu indosatgprs. Sedang untuk pemakai Matrix (0855/bright) serta IM3 untuk nilai MNC yang perlu di-setting yaitu MNC : 21 

3. Bagaimana caranya tahu keseluruhan size storage yang tersisa di internal handset serta SD Card? 



Untuk lihat keseluruhan size storage yang tersisa pada handset serta SD Card yang terpasang bisa di lihat di Launcher Menu Settings SD card & phone storage. Disana bakal berikan informasi keseluruhan storage yang tersisa untuk internal handset storage serta SD Card. 

4. Bagaimana caranya memasukan data document, photo serta yang lain ke SD Card di handset? 



Supaya bisa memasukan file ke SD Card di handset bisa di lakukan lewat cara menyambungkan handphone android kamu ke PC/laptop lewat kabel USB dilanjutkan dengan menarik ke bawah notification bar di teratas home screen pada handset. Tentukan USB connected dilanjutkan dengan menghimpit pilihan tombol mount sampai di PC/laptop bakal nampak pop-up windows atau removable disk serta diteruskan dengan mengkopi file yang mau di taruh di SD Card handset. 

Sesudah menyimpan file ke SD Card, untuk men-disable-kan mapping SD Card di PC/laptop bisa dikerjakan dengan menarik ke bawah notification bar di teratas home screen pada handset kembali serta tentukan turn off USB storage serta tekan tombol off.

15 Tips Dasar Android Yang Perlu Kamu Ketahui


5. Bagaimanakah langkahnya supaya bisa men-set jaringan yang dipakai senantiasa ke jaringan 2G (GSM only)? 

Untuk men-set supaya jaringan yang dipakai senantiasa 2G network bisa dikerjakan dengan dua langkah, yakni : 
Masuk ke Launcher Menu Settings Wireless controls Mobile network settings, contreng " Use only 2G networks " 
Masuk ke phone serta tekan *#*#INFO#*#* atau *#*#4636#*#*, kemudian masuk ke Phone information serta set preferred network jenis ke GSM Only. 

6. Bagaimana caranya login google akun di android handset? 

Agar bisa login atau memakai google akun bisa dikerjakan dengan buka salah satu aplikasi google yang ada di handset, contoh aplikasi gmail, gtalk serta market. Waktu pertama kali salah satu aplikasi itu digerakkan kita bakal disuruh untuk memasukan user serta password account google kita. 

7. Bagaimanakah mereset kembali handset ke seperti awal mulanya saat baru membelinya (factory data reset)? 

Factory data reset atau kembalikan ke setting default handset bisa dikerjakan dengan masuk ke Launcher Menu Settings Security dilanjutkan dengan pilih/menghimpit Factory data reset. 

8. Bagaimana caranya ganti google user akun yang tengah dipakai di handset? 

Untuk mengantinya kita mesti sign out dari Google akun yang tengah dipakai kemudian login kembali dengan user yang lain. Untuk sign out bisa dikerjakan dengan dua langkah yakni : 
Masuk ke Launcher Menu Setting Applications Manage application serta di aplikasi Gmail, Gmail storage, Google Apps & Google search lakukan clear data kemudian login dengan user yang baru 
Dengan lakukan factory data reset, namun dengan langkah tersebut seluruhnya data serta aplikasi yang terinstal diluar bawaan handset yang ada internal storage bakal terhapus hingga baiknya lakukan backup data dengan aplikasi backup/restore saat sebelum melakukannya 

9. Bagaimana caranya mem-forward SMS yang didapat? 

Forward SMS bisa dilakukan dengan menekan serta tahan pesan yang mau di-forward sampai nampak menu pilihan forward SMS serta kemudian input nomer maksud yang akan di kirim. 

10. Bagaimana caranya meng-install aplikasi dari file *. apk yang telah diunduh? 

Saat sebelum meng-install suatu file *. apk dari suatu aplikasi, pastikan ke Launcher Menu Settings Application Unknown source telah dicontreng. Kemudian lakukan : 

Simpan file *. apk dari aplikasi di SD Card 
Instal aplikasi Astro File Manager yang bisa didownload serta dinstal dari market 
Klik file *. apk ditempat file itu ditaruh 
Tunggulah sampai aplikasi usai diinstal 

11. Bagaimanakah ganti mode ringtone jadi silence & vibrate di handset? 

Untuk ganti ke mode ringtone jadi silence serta vibrate bisa dikerjakan dengan menghimpit serta menahan tombol power sampai keluar menu serta diteruskan dengan pilih silence atau vibrate. Untuk menghidupkan kembali ke menu berbunyi, kerjakan hal yang sama dengan sebelumnya 

12. Bagaimanakah langkahnya agar data contact di Microsoft outlook bisa dipindahkan ke contact di handset? 

Untuk memindahkan data contact yang disimpan di Microsoft Outlook bisa dikerjakan dengan mengexport data di contact Microsoft Outlook jadi file csv di mana kemudian data itu diimport ke contact yang ada di situs Gmail hingga data itu bakal dicatat di handset saat sistem synchronize Gmail jalan. 

13. Bagaimanakah langkahnya memindahkan contact yang ada di sim card ke contact di handset? 

Untuk mengkopi data contact yang ada di simcard bisa dikerjakan dengan menekan tombol menu di handset serta masuk ke Import/Export di mana kemudian tentukan Import from SIM Card dari menu pilihan yang keluar. 

14. Bagaimanakah mematikan T9 di keyboard? 

Untuk men-disable-kan T9 saat mengetik bisa dilakukan dengan masuk ke Launcher Menu Settings Language & keyboard Android keyboard, lakukan untick pada Prediction atau Suggestion. 

15. Apakah bisa bila ingin memasang ringtone ke handset? 

Suara dering atau ringtone bisa ditambahkan diluar apa yang sudah diberikan di handset. Salah satu langkahnya yakni dengan bikin direktori yang dinamakan media di SD Card, dimana didalam direktori media buat juga direktori ringtones untuk suara dering telephone yang mau ditambahkan, direktori notifications untuk suara dering notifikasi, serta direktori alarms untuk suara dering alarms yang dipakai. Simpan file ringtone yang mau ditambahkan sesuai sama direktori suara dering bakal dipakai.


Demikianlah artikel dari blog mobileweb-info yang pada kesempatan kali ini membahas tentang 15 Tips Dasar Android Yang Perlu Kamu Ketahui, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainya di mobileweb-info